Senin, 30 Januari 2017

MENULIS EQUATION DI GOOGLE FORM

Banyak cara menulis equation di google form. salah satunya menggunakan g(math) -> math expression. cara menulis yang bisa digunakan salah satunya menggunakan kode latex.
untuk membuat kode latex, disini saya memakai daum equation editor. aplikasi ini bisa di download lewat chromestore. setelah diinstal, kita bisa memakainya baik secara online maupun offline.

untuk menulis equation perhatikan tanda kursor. kita bisa menulis equation seperti biasa. bedanya ketika kita mulai menulis equation, maka secara otomatis, kode latex akan muncul di bagian bawah. perhatikan contoh dibawah ini. bagian paling bawah yang saya blok hitam adalah kode latex yang akan kita gunakan nanti.

selanjutnya kode latex itu tinggal kita copy paste ke g(math) google form. misal pada google form belum terpasang g(math) maka kita harus menginstal terlebih dahulu. ikuti langkah-langkah berikut :
 1. klik titik 3, di sebelah kanan "kirim". lihat bagian "pengaya" (untuk bahasa indonesia) kemudian klik tulisan pengaya tersebut.


2. setelah di klik akan muncul tampilan seperti di bawah ini. kemudian cari dan instal g(math)

3. setelah di instal, menu g(math) akan muncul di bagian paling ujung atas google form, klik tulisan g(math) for forms

4. setelah di klik tulisan g(math) for forms akan muncul bagian-bagian g(math). perhatikan gambar di bawah ini. kemudian pilih "create math expressions" 

5. setelah di klik "create math expressions" akan muncul tampilan seperti di bawah ini. klik bagian advance untuk memunculkan kotak kode latex.

6. Copy kode latex yang berada di daum equation editor tadi. kemudian paste ke kotak latex yang disediakan
 paste ke kotak latex editor
sehingga muncul kode latex

7. untuk memasukkan kode latex menjadi equation di google form, klik warna hijau yang ada tanda panahnya (di atas latex editor)
equation akan muncul di form seperti tampilan dibawah ini 
klik menu preview (bagian paling atas forms) untuk meilhat tampilan soal yang kita buat 

SELESAI ^^

Demikian langkah - langkah menggunakan kode latex di google forms. Semoga bermanfaat ^^

 
 







 


3 komentar:

  1. Mba share link daum equation editor offline

    BalasHapus
  2. Baru liat klo mas tri comment. Hehehe..uda nemu linknya kan?

    BalasHapus
  3. sayang gambarnya pakai foto external, coba screenshot saja mungkin akan lebih jelas, hanya masukan, mohon jangan marah ya

    BalasHapus