Minggu, 29 Januari 2017

Belajar Membuat QRCode

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.(soon,2008)(wikipedia)
Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon seluler. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.
Ternyata dengan berkembangnya kode QR dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Beberapa waktu lalu, melalui diskusi di salah satu forum telegram yaitu IDT (Indonesia Digital Teacher), seorang rekan membagikan inspirasi penggunaan kode ini dalam pembelajaran, diantaranya sebagai verifikator jawaban siswa saat ulangan, perpustakaan materi (shortcut menuju website yang terkait materi tanpa harus mengetikkan alamat website), juga lebih lanjut lagi, kode QR dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa,guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.
Lantas bagaimana cara membuat Kode QR ini?
Sebenarnya sudah banyak tutorial pembuatan kode QR ini di youtube. berikut saya lampirkan salah satu video tutorial pembuatan kode QR ini.

Selain seperti yang dicontohkan dalam tutorial, kita bisa juga membuat kode QR melalui website qrstuff
Berikut salah satu kode QR yang saya buat.
Penasaran dengan isi kode QR yang saya buat ini? :) Jangan khawatir.., cara membaca kode QR ini cukup mudah.
Kode QR dapat dibaca dengan menggunakan kamera ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. Dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR. Pada android misalnya, pengguna cukup mendownload aplikasi "qrcode reader for android" di playstore. kemudikan cara penggunaannya cukup dengan mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka pengguna dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju. Begitu juga jika kode berisi plain text, maka kalimat yang ada dalam kode tersebut dapat terbaca dengan mudah.

Semoga bermanfaat ^^


0 komentar:

Posting Komentar