Rabu, 01 Februari 2017

KELEBIHAN MEMBUAT QUIZ PADA EDMODO

Salah satu platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa yang kita kenal adalah edmodo. Kali ini saya akan menjelaskan kelebihan membuat quiz pada edmodo

membuat quiz pada edmodo sangatlah mudah. berikut langkah - langkahnya
1. buka akun edmodo
2. klik tulisan "quiz" kemudian pilih "create a quiz"
3. pilih bentuk quiz yang kita kehendaki. disana tersedia beberapa bentuk quiz, diantaranya multiple choice, true false, short answer, fill in the blank, dan matching
4. klik "+add first question"


untuk mata pelajaran matematika sendiri, menulis equation di edmodo sangatlah mudah. yaitu menggunakan kode latex. pembuatan kode latex sudah pernah saya ulas pada artikel sebelumnya. silahkan klik tautan berikut (kode latex)
kode latex yang sudah dibuat tinggal dimasukkan ke dalam question prompt dengan menambahkan [/math][/math] di ujung - ujung kode latex. perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya


kita bisa mengatur beberapa hal pada quiz yang kita buat, diantaranya :
a. time limit siswa dalam mengerjakan quiz 
b. points atau skor tiap soal 
c. urutan pengerjaan soal (fitur : Randomize questions) 
d. hasil siswa mengerjakan quiz diperlihatkan atau tidak (fitur : show results)

5. setelah selesai membuat quiz klik "done". maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Pada edmodo, quiz juga bisa kita print. hanya saja untuk matematika yang menggunakan equation kode latex tidak saya sarankan untuk di printout, karena yang muncul masih format kode latex. solusinya mungkin menulis equation bisa dalam bentuk jpg. tidak menggunakan kode latex.


pada halaman tersebut kita bisa mengatur kapan "due date" pengerjaan quiz (tanggal dan jam paling lambat untuk mengerjakan quiz)
selain itu jika kita ingin menunda memposting quiz yang kita buat, silahkan klik "send later" . saat kita klik send later, maka kita akan diminta untuk menentukan kapan quiz yang kita buat akan diposting. jika sudah, quiz yang sudah kita buat akan terposting secara otomatis pada tanggal dan jam yang sudah kita setting tadi. berikut tampilan "send later"


Setiap ada siswa yang pengerjakan quiz, akan ada notifications, baik di edmodo maupun di email kita. Selain itu akan muncul hasil siswa, berapa skor yang mereka peroleh pada pengerjaan quiz, juga high scores siswa.

Tidak hanya skor, setelah siswa mengerjakan quiz, kita bisa melihat statistik tingkat kesukaran soal yang kita buat, karena pada edmodo akan ditampilkan berapa persen siswa yang berhasil menjawab benar atau salah pada setiap soal.

Kita bisa melihat rekap nilai siswa melalui menu "progress" (berada dibagian paling atas, sebelah icon home). pilih kelas yang ingin kita lihat progressnya. akan muncul tampilan seperti berikut :


 Kita juga bisa mengexport nilai siswa melalui fitur "export" . ketika kita klik "export" maka secara otomatis akan muncul nilai siswa dalam format csv (exel) seperti berikut :


demikian sedikit ulasan saya mengenai kelebihan membuat quiz pada edmodo. semoga bermanfaat ^^





0 komentar:

Posting Komentar